Cara Menghilangkan Iklan di Aplikasi Android yang Sudah di Root – Solusi Terbaik untuk Pengguna Android

Anda mungkin familiar dengan situasi ini: Anda telah meroot perangkat Android Anda untuk mendapatkan kontrol lebih besar atas fungsi dan tampilan sistem operasi. Namun, setelah melakukannya, Anda masih terganggu dengan iklan yang muncul di berbagai aplikasi yang Anda gunakan. Jangan khawatir, kami di sini untuk membantu Anda mengatasi masalah ini dengan cara menghilangkan iklan di aplikasi Android yang sudah di root secara efektif.

Satu cara untuk menghilangkan iklan di aplikasi Android yang sudah di root adalah dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga. Ada beberapa aplikasi yang dapat membantu Anda mencapai tujuan ini, seperti AdAway, AdGuard, dan Blokada. Dengan menginstal salah satu dari aplikasi ini, Anda dapat dengan mudah memblokir iklan yang muncul di aplikasi Anda. Anda hanya perlu mengunduh aplikasi yang Anda pilih dari toko aplikasi pihak ketiga, menginstalnya, dan mengaktifkannya. Setelah Anda melakukannya, iklan di aplikasi Android Anda akan hilang.

Metode lain yang dapat Anda coba adalah dengan menggunakan file hosts. Anda dapat mengedit file hosts di sistem Android Anda untuk memblokir alamat IP yang terkait dengan server iklan. Namun, perlu diingat bahwa Anda harus melakukan ini dengan hati-hati, karena menyentuh file sistem dapat berisiko jika Anda tidak tahu apa yang Anda lakukan. Jika Anda merasa nyaman dan yakin, Anda dapat menggunakan aplikasi seperti ES File Explorer untuk mengedit file hosts. Dengan memasukkan alamat IP server iklan ke file hosts dan menyimpan perubahan, Anda dapat menghilangkan iklan di aplikasi Android Anda.

Pendahuluan: Menjelaskan mengapa iklan pada aplikasi perlu dihilangkan

Dalam dunia aplikasi Android, iklan seringkali menjadi sumber pendapatan bagi pengembang. Namun, iklan yang muncul terlalu sering atau terlalu mengganggu dapat mengganggu pengalaman pengguna. Terkadang, iklan bahkan dapat menghambat kinerja aplikasi. Oleh karena itu, banyak pengguna yang mencari cara untuk menghilangkan iklan pada aplikasi Android mereka yang sudah di-root.

Metode 1: Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Ada beberapa aplikasi pihak ketiga yang dapat membantu pengguna untuk menghilangkan iklan pada aplikasi Android yang sudah di-root. Salah satu aplikasi yang populer adalah Lucky Patcher. Aplikasi ini dapat mendeteksi dan memblokir iklan yang muncul pada aplikasi yang diinstal di perangkat Anda. Selain itu, Lucky Patcher juga dapat digunakan untuk menghapus lisensi pada aplikasi berbayar, menonaktifkan notifikasi iklan yang mengganggu, dan melakukan banyak hal lainnya. Namun, sebelum menggunakan aplikasi seperti ini, pastikan Anda mendownloadnya dari sumber yang terpercaya dan melakukan penelitian terlebih dahulu tentang aplikasi tersebut.

Metode kedua adalah menggunakan aplikasi AdAway. Aplikasi ini adalah aplikasi open-source yang memiliki fitur untuk memblokir iklan dengan mengedit file hosts perangkat Android. AdAway juga dapat memblokir pelacak dan malware yang terkait dengan iklan. Namun, untuk menggunakan aplikasi ini, perangkat Android Anda harus dalam kondisi di-root terlebih dahulu.

Metode 2: Mengedit File Hosts secara Manual

Selain menggunakan aplikasi pihak ketiga, ada juga cara lain untuk menghilangkan iklan pada aplikasi Android yang sudah di-root, yaitu dengan mengedit file hosts secara manual. Caranya adalah dengan menggunakan aplikasi file manager yang mendukung akses root, seperti Root Explorer atau ES File Explorer.

Setelah Anda membuka aplikasi file manager yang sudah di-root, cari dan buka file hosts yang terletak di direktori /system/etc/. Setelah itu, tambahkan baris berikut di bagian paling bawah file hosts:

127.0.0.1 ad.doubleclick.net
127.0.0.1 ads.adk2.com

Setelah Anda selesai mengedit file, simpan perubahan yang telah Anda buat. Setelah itu, restart perangkat Anda. File hosts yang telah Anda edit akan membantu memblokir iklan yang muncul pada aplikasi Android.

Metode 3: Menggunakan VPN

Ada pula metode lain untuk menghilangkan iklan pada aplikasi Android yang sudah di-root yaitu dengan menggunakan VPN. Beberapa VPN, seperti AdGuard VPN, menyediakan fitur untuk memblokir iklan secara otomatis. Dengan mengaktifkan VPN ini, pengguna dapat menghilangkan berbagai iklan yang muncul pada perangkat Android mereka. Namun, perlu diingat bahwa menggunakan VPN mungkin berpotensi mempengaruhi kecepatan internet Anda.

Selain itu, ada beberapa aplikasi VPN yang memungkinkan pengguna untuk mengaktifkan fitur pembersihan iklan secara terpisah. Pengguna dapat mengatur VPN ini dengan membuka aplikasi pengaturan pada perangkat, memilih opsi Privasi, dan kemudian mengaktifkan fitur blokir iklan iftware and Vwrite sih

Metode 4: Menggunakan Firewall

Metode lain yang dapat digunakan untuk menghilangkan iklan pada aplikasi Android yang sudah di-root adalah dengan menggunakan firewall. Pengguna dapat menginstal aplikasi firewall, seperti AFWall+, yang memungkinkan pengguna untuk mengontrol lalu lintas jaringan yang masuk dan keluar dari perangkat mereka. Dengan mengkonfigurasi firewall dengan benar, pengguna dapat memblokir iklan yang muncul pada aplikasi mereka.

Pengguna dapat membuka aplikasi firewall dan mengkonfigurasikan pengaturan sesuai kebutuhan mereka. Misalnya, pengguna dapat mengatur aturan firewall untuk memblokir iklan hanya pada aplikasi tertentu atau pengguna dapat memblokir semua iklan yang muncul pada perangkat mereka. Namun, pengguna harus hati-hati saat menggunakan aplikasi firewall, karena pengaturan yang salah dapat mempengaruhi kinerja dan fungsionalitas perangkat Android mereka.